Tuesday, March 26, 2013

MENTERI PERTAHANAN MALAYSIA "PAMER" BERBAHASA JAWA

Ayah Dato' Seri Ahmad Zahidi asli Kulon Progo, ibunya asli Ponorogo.

Rabu, 20 Maret 2013, 13:12

Sapa sangka, Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Ahmad Zahidi Hamidi ternyata pintar berbahasa Jawa. Itu karena keluarganya berasal dari Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ahmad Zahidi yang datang ke Jakarta untuk mengikuti dialog pertahanan negara-negara ASEAN dan Eropa ini menyempatkan diri diwawancarai di program Apa Kabar Indonesia TV One, Rabu pagi 20 Maret 2013. Ia pun menyapa keluarganya di Wates, Kulonprogo, dalam bahasa Jawa, lewat teelvisi.

“Dulur-dulurku soko Wates, Kulonprogo, Yogya, mugo-mugo kabeh sehat walafiat,” kata Ahmad Zahidi. Dengar dialek Jawa sang Menteri Pertahanan Malaysia itu di tautan video ini.

Ahmad Zahidi mengatakan, sesungguhnya ayahnya berasal dari Kulonprogo, sedangkan ibunya asli Ponorogo, Jawa Timur. Oleh sebab itu ia tidak kesulitan berbahasa Jawa. Bahasa Malaysia dan Jawa ia kuasai dengan baik.

Usai menghadiri Jakarta International Defence Dialogue yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Zahidi pun berencana untuk menyambangi kampung halamannya di Yogya.“Saya dua hari akan di Yogya, bertemu saudara-saudara,” kata dia.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, menurut Zahidi, bahkan adalah sepupunya.“Jadi saya mau ketemu Pak Haryadi. Sultan (Hamengku Buwono X) juga,” ujarnya.

- Jakarta Post

No comments: